Benarkah Memakai Eyeliner, Berbahaya?

Eyeliner Berbahaya

Tampil cantik dan anggun adalah dambaan setiap kaum hawa. Mereka rela berjam-jam memperhatikan dan merias tiap sudut bagian wajah dan tubuhnya. Bahkan, bagian sudut kecil seperti garis di kelopak mata. Mereka menghias bagian garis kelopak supaya tampak kesan tebal dan unik dengan memakai eyeliner. Namun, ada yang perlu diperhatikan oleh kaum hawa tentang ini. Bagaimana kalau ternyata eyeliner, berbahaya?

Bentuk eyeliner yang ada di pasaran bisa berupa pensil atau cair. Inovasi dari pabrikan tampak beragam dan sangat menarik. Sekarang, tersedia variasi warna eyeliner dari yang hitam, coklat, abu-abu, hijau, jingga dan berbagai warna lainnya. Bahkan ada juga eyeliner yang bercampur dengan glitter. Hal yang perlu diketahui oleh pemakainya adalah apakah bahan eyeliner tersebut terasa aman saat dipakai?

Mengenali Tentang Eyeliner, Berbahaya?

Apakah eyeliner, berbahaya?Sebaiknya ganti saja dengan yang lebih aman. Saat memakai eyeliner di mata ternyata terasa gatal, mata memerah, perih dan serasa tak nyaman di sekitar area mata berarti ada reaksi alergi dari produk kecantikan ini. Segera saja buang atau ganti eyeliner ini. Tidak peduli harganya mahal atau dari merek terkenal. Rasa aman dan nyaman pada mata jauh lebih penting daripada tampak cantik karena polesan ini.

Pemakaian eyeliner yang benar bagi pemula sebaiknya dipilih yang pensil terlebih dahulu. Terapkan pensil eyeliner dengan menarik garis tipis pada bagian atas kelopak mata. Lakukan berulang-ulang sampai menemui ketebalan garis yang diinginkan. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah mata. Biasanya pemberian eyeliner di bawah mata lebih tipis dibandingkan dengan bagian atas mata.

Kapankah eyeliner, berbahaya? Saat mengaplikasikan eyeliner kemudian mata terasa gatal dan tergoda mengucek mata. Segera periksa produk ini, apakah ada campuran serbuk berkilauan atau tidak. Serbuk berkilauan ini bisa jatuh ke dalam bagian mata yang sensitif dengan benda asing. Serbuk berkilauan ini juga bisa menggores kornea mata sehingga menimbulkan iritasi.

Serutan pensil eyeliner terlalu runcing yang mengakibatkan kulit di sekitar mata terluka. Pensil dengan ujung agak tumpul memang disarankan, tapi memang tidak menghasilkan goresan garis yang apik. Kalau memang harus dengan ujung runcing, hati-hatilah memakainya.

Dari penjelasan di atas, apa saja hal yang paling diwaspadai saat eyeliner, berbahaya?Yaitu pada saat kulit menunjukkan gejala alergi. Terutama rasa gatal, perih atau menimbulkan perih di mata. Zat-zat yang ada di dalamnya sensitive bagi kulit kelopak mata. Ini berarti dianjurkan tidak boleh memakai eyeliner tersebut.

Baca juga: Bahan Perawatan Pengobatan Jerawat Alami